[INDO TRANS] Wawancara B.A.P di Majalah BODA Korea edisi April

B.A.P adalah pendiam, tetapi kuat. Meskipun 2012 merupakan tahun yang keras bagi pendatang baru, mereka berada di skala yang berbeda dalam menyelenggarakan showcase (debut) hingga konser solo mereka sendiri. Ini jauh melewati perkembangan yang telah dicapai idola lainnya di tahun pertama debut dan ini juga merupakan alasan mengapa kami terus menerus penasaran akan B.A.P. Sementara pertanyaan dilempar sana sini, apa yang kami rasakan melalui wawancara ini adalah mereka tidak terlalu diam seperti yang kami pikirkan, dan mereka adalah grup di luar bayangan kami.

Pertama-tama, kami tidak bisa untuk tidak menyebutkan bagaimana kalian “menyapu” penghargaan pendatang baru di akhir tahun. Itu saja merupakan situasi yang mengagumkan, lalu apa yang kalian rasakan dan apa respon dari sekitar kalian?

Bang Yongguk: Itu benar-benar situasi yang hebat. Kami selalu berkata bahwa memenangkan penghargaan pendatang baru adalah tujuan kami sejak debut, tetapi untuk memikirkan bahwa kami benar-benar mencapainya, kami bahkan tidak membayangkannya, kami tidak dapat mempercayainya dan meskipun kami bahagia, mereka yang ada di seliling kami bahkan lebih bahagia atas kami.

Orang-orang di industri agak menduga hasilnya, maka saya yakin kalian setidak telah memiliki percaya diri bahwa mungkin saja kalian akan meraih penghargaan pendatang baru tahun ini, bukan?

Daehyun: Kami mendengar dari sekeliling kami bahwa mereka berpikir B.A.P akan memenangkan penghargaan pendatang baru, tetapi setiap kali saya hanya berpikir, “Nah, tidak mungkin.” Saya khawatir jika berharap dan tidak mendapat hasil yang diinginkan, saya akan menjadi sangat kecewa karenanya. Lagipula, banyak grup yang memulai debut mereka di tahun 2012 dan itu juga menjadi alasan mengapa kami tidak bisa memiliki rasa percaya diri atas bagaimana hasilnya.

Kalian hanya dapat memenangkan penghargaan pendatang baru sekali seumur hidup dan B.A.P berhasil meraihnya dengan sempurna. Tidakkah kalian merasa tidak enak karena ada banyak sekali grup di tahun 2012 yang memulai debut?

Di tahun 2012, kalian tidak beristirahat dengan melakukan promosi tanpa akhir lebih banyak dari siapapun. Apakah ada momen-momen yang mengecewakan?

Jongup: Kami melewati tahun 2012 kami dengan sibuk dan merupakan kekecewaan bagi kami bahwa kami tidak dapat menunjukkan sisi kami yang lebih baik. Kami senantiasa mempersiapkan yang terbaik dan menunjukkannya, tetapi ketika kami melihat ke belakang, ada saja momen-momen yang mengecewakan, oleh karena itu, kami hanya harus bekerja lebih giat untuk tidak mengalami momen-momen yang mengecewakan itu.

Dari PSY sampai Big Bang, 2012 diisi dengan musik yang “menyembuhkan”, banyak sekali idola memulai debut, kerenggangan antara Jepang dan Korea, dan secara umum merupakan tahun yang brutal bagi pendatang baru. Apakah B.A.P memiliki tujuan tetap?

Himchan: Kami adalah grup yang tidak memiliki pengaruh besar terhadap sekeliling kami. Kami melakukan promosi dengan pemikiran untuk bekerja keras setiap saat untuk membuat pertunjukkan dengan tanpa penyesalan. Itu benar bahwa tahun 2012 bukanlah tahun yang termudah, tetapi saya tidak berpikir bahwa itu sangat merugikan bagi kami.

Respon internasional juga hebat. Kalian bahkan tidak melakukan promosi ke luar negeri sebanyak itu, dari apa yang saya ingat, maka bagaimana perasaan kalian ketika mendengarnya untuk pertama kali?

Daehyun: Kami mendengar berita tentang kami memuncaki tangga lagu di luar negeri tak lama setelah debut, tetapi waktu itu, rasanya tidak nyata. Dan bulan Juli tahun lalu di Malaysia, kami mengadakan pertunjukkan pertama kami dan melihat nama-nama kami di plakat-plakat dan spanduk di bandara, benar-benar mengagetkanku.

Zelo: Kami syuting sebuah program reality sebelum debut kami dan program itu ditayangkan di 8 negara di Asia, maka saya rasa banyak orang mengetahui kami melalui program tersebut.

Ada banyak reporter yang datang ke konferensi pers kalian. Sepertinya kalian cukup terkejut dengan betapa aktifnya mereka memberikan pertanyaan – bagaiman perasaan kalian saat itu?

Bang Yongguk: Ya, saya sangat terkejut di konferensi pers. Kami sangat berterima kasih atas mereka yang datang untuk menonton konser solo kami. Itu membuat saya berpikir banyak tentang bagaimana saya harus berkerja lebih keras untuk menunjukkan penampilan yang lebih baik untuk membayar semua cinta dan perhatian yang kami terima.

Sekarang, mari kita berbicara tentang konser. Konser solo yang B.A.P harapkan dan impikan telah berakhir dengan sukses. Apakah lega rasanya?

Daehyun: Tidak terlalu lega, tetapi saya merasa teramat sangat senang dan sedikit kecewa. Itu merupakan panggung yang kami impikan sejak kami masih muda dan rasanya tidak dapat dipercaya bahwa kami telah mengakhiri konser solo kami. Saya rasa saya tidak akan pernah dapat melupakannya.

Kalian melakukan promosi tanpa istirahat sedikitpun dan saya pikir menyisihkan waktu untuk mempersiapkan konser menjadi sulit. Bagaimana kalian mengatur jadwal? Adakah kesulitan dalam hal tersebut?

Youngjae: Karena comeback mini album kedua kami bersamaan dengan konser kami, kami tidak memiliki banyak waktu, tetapi itu tidak menyulitkan bagi kami untuk mempersiapkan konser karena kami memang memiliki selang waktu yang lama untuk mempersiapkan mini album.

Zelo: Semuanya sangat bersemangat tentang album baru dan konser sehingga kami tidak sadar betapa sulitnya saat itu dan bersenang-senang dalam mempersiapkannya.

Tanpa banyak bicara, saya merasa konser solo kalian sangat terfokus pada musik. Saya pikir itu sangat menantang bagi grup idola, tetapi respon dari penonton ternyata mengagumkan. Apakah kalian memperkirakannya? Saya juga penasaran tentang bagaimana kalian merencanakan konser.

Bang Yongguk: B.A.P sebagai grup secara umum tidak berbicara banyak, sebaliknya saya rasa kami menunjukkan diri kami lebih banyak melalui musik. Kami tidak begitu pandai dalam berbicara dan kami memiliki keinginan lebih untuk berkomunikasi dengan penonton melalui musik daripada kata-kata.

Jongup: Jika anda mempertimbangkannya, itu bisa menjadi tantangan besar, tetapi ketika kami menyelesaikan konser kami, saya rasa orang-orang meikmati konsernya karena kami memiliki sisi itu dalam diri kami dan melihat hal tersebut, membuatku merasa lega.

Awal konser secara utama menargetkan mereka yang berusia belasan dan seiring waktu berlalu, sebuah band indie ikut tampil di konser dan kelihatannya demografi usia dinaikkan. Apakah itu sengaja dilakukan?

Himchan: Daripada memikirkan bahwa kami melakukannya dengan sebuah motif, kami mendebatkan cara lain untuk menunjukkan warna lain dari B.A.P dan dengan melihat pertunjukkan panggung kolaborasi kami, orang-orang mungkin melihat kami sebagai dinamis. Untuk pembukaan konser kami, kami ingin kembali ke konsep akar kami; mendarat di Bumi dari luar angkasa, yang mana juga merupakan alasan kami memilih tema konser ‘NO MORE RAIN, NO MORE CRY’ (Tiada Hujan, Tiada Air Mata). Inilah alasan mengapa kami memulai dengan ‘Warrior’ dan membuat pertunjukkan di mana penonton segala usia dapat terhubung dan merasakan emosi yang kami rasakan melalui kedatangan kami ke Bumi dari luar angkasa. Untungnya, kami menerima respon yang lebih besar dari yang kami harapkan, maka kami dapat benar-benar menikmati konsernya dan bersenang-senang.

Sangat unik rasanya mengundang band rock indie untuk berkolaborasi dalam sebuah konser idola. Terima kasih atas konsernya, saya merasa bagaikan berada di klub hip-hop.

Youngjae: Jika anda merasa demikian, maka rencana kami sukses.
Seperti yang Himchan hyung katakan, kami memiliki dua target untuk konser kami: untuk menunjukkan sisi B.A.P sebagaimana adanya, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan penonton. Anda bisa lihat kolaborasi dengan band rock indie sebagai bagian dari usaha kami. Pula, bila anda mendengar lagu kami, ada banyak saat di mana hip-hop bertemu dengan rock. Kami mencoba untuk meresapi pesona itu sebaik yang kami bisa dan melihat penonton menikmatinya, saya sangat bangga.

Ketika konsernya mendekati saat-saat akhit, saya mendapat perasaan bahwa B.A.P jauh dari menjadi idola. Apakah ada kekurangan menjadi idola? Saya terutama ingin mendengarnya dari Bang Yongguk.

Bang Yongguk: Saya pernah mengatakan ini di wawancara lain, tetapi B.A.P ingin menjadi sebuah “idola yang berkembang menjadi musisi.” Agar kami diakui sebagai musisi, saya pikir kami dapat memberikan diri kami nilai tersendiri, tetapi untuk mencapai itu, kami harus belajar bagaimana mengarang musik dan lirik, dan juga tidak pilih-pilih dengan musik kami dalam mencoba berbagai macam genre daripada melekat pada satu posisi, yang mana kami sedang mengusahakannya semampu kami. Kami berharap untuk dapat dengan tekun bekerja keras dalam bermusik untuk menunjukkan kepada semua, oleh karena itu, kami harap anda semua dapat menerima kami dengan hangat.

Tetapi Bang Yongguk sendiri mengatakan di konferensi pres bahwa musik Anda tidaklah terlalu mainstream dan membuat para reporter kaget ketika dengan biasa saja mengatakan bahwa grup kalian kurang dapat berkata-kata. Anda sepertinya sangat percaya diri dengan ucapanmu, tetapi bisakah kamu memberi tahu kita lebih detail lagi tentang apa yang kamu maksud?

Bang Yongguk: Apakah para reporter terkejut karena saya mengatakan hal yang sebenarnya? Haha. Biasanya warna musik kami membawa pesan yang ingin kami sampaikan ke masyarakat atau hanya aura “berat” yang mana membuat publik merasa itu jauh dari mainstream. Sementara, seperti yang Anda tahu, kami memiliki kebanggaan yang kuat atas musik kami, maka kami bekerja lebih keras untuk mencara cara agar warna unik B.A.P terjaga, tetapi juga mendekati publik dengan sedikit lebih mudah.

Saya ingin mendengar momen paling membahagiakan selama konser dari setiap anggota. Apakah ada hal yang menarik?

Bang Yongguk: Menampilkan lagu yang saya karang sendiri dalam sebuah penampilan solo merupakan momen terbahagia. Tentu saja, itu juga dikenal sebagai penampilan di mana saya menunjukkan abs, tetapi bagi saya, itu merupakan penampilan di mana saya menunjukkan lagu karangan saya sendiri dan itu memegang arti yang begitu besar. Sepertinya banyak orang benar-benar menikmati penampilan tersebut.

Himchan: Saat encore, mereka memberikan says waktu untuk membacakan suratku. Karena tangan saya cedera, saya hanya dapat berpartisipasi dalam penampilan lagu ballad dan seperti anggota lainnya, saya sangat bersemangat dengan comeback ‘ONE SHOT’, maka saya pikir itulah sebabnya mereka memberikan saya waktu tersendiri. Setelah bergumul semalaman, saya menulis suratnya, tetapi ketika membacakannya dengan lantang di atas panggung, saya mencoba untuk menahan sebanyak yang saya bisa sebab saya tak ingin menunjukkan sis saya yang lemah. Namun, melihat air mata dan wajah khawatir para fans, Saya hanya… Saya rasa saat itu merupakan momen yang sangat penting bagi saya dan saya merasa sangat berterima kasih sebab saya dapat memperdengarkan suara hati saya kepada orang lain. Saya berterima kasih kepada para anggota dan saya juga sangat berterima kasih pada BABYs.

Daehyun: Kami menampilkan sekitar 3 lagu di awal dengan mengenakan set pakaian pertama kami. Ketika saya mempersiapkan penampilan saya berikutnya bersama Yongguk hyung, kami hanya mempunyai waktu 40 detik. Di tengah semua itu, kami harus memakai jas juga dan saya benar-benar tidak tahu bagaimana waktu berlalu, tetapi saya dapat tampil di panggung dengan Yongguk hyung seakan-akan tidak ada hal besar yang terjadi, yang mana masih menjadi pertanyaan bagi saya sampai hari ini.

Youngjae: Bagi saya, tak ada momen spesial dari pembukaan sampai akhir konser, setiap momen sangat menyenangkan dan ketika kami mengucapkan salam berpisah di akhir konser, saya berpikir, “Saya berharap kami dapat mengalaminya lebih lama.” Pula, ketika kami sedang membungkukkan badan ke arah penonton dengan semua anggota dan para dancer hyung, tidak ada yang mengangkat kepala, maka saya berpikir sesaat, “Apa semuanya sedang berdoa?” Haha. Itu sangat menyenangkan dan saya ingin melakukannya lagi.

Jongup: Bagi saya, saat saya berjalan dengan plakat yang diberikan seorang fan dengan tulisan “Maaf saya ganteng” tertulis di plakatnya. Saya melihat banyak foto yang diambil pada saat itu dan saya rasa itu sangat menyenangkan.

Zelo: Bagi saya, saat membaca surat yang telah saya tulis untuk kedua orang tua saya di konser solo pertama kami. Saya agak malu bahwa orang tua saya harus mendengarnya saat konser, tetapi bagi saya untuk dapat memberitahu mereka segala hal yang tak bisa saya katakan di masa lampau, itu menjadi saat-saat yang begitu berarti bagi saya. Saya mendengar orang tua saya menangis saat saya membacakan suratnya kepada mereka.

Meskipun ada respon baik dari penampilan yang dilakukan oleh kombo vokal Daehyun dan Youngjae, yakni ‘Price Tag’ lalu magnae line Zelo dan Jongup yang menampilkan ‘Jump,’ saya rasa tetap ada sedikit kekecewaan karena lagu-lagu ini bukan lagu B.A.P

Daehyun: Karena itu merupakan penampilan panggung pertama bagi vocal line, kami mencurahkan sepenuh hati dan jiwa ke dalamnya. Kami berdiskusi banyak tentang musik apa yang paling sesuai dengan kami dan setelah banyak pertimbangan, kami puas dengan hasilnya. Walaupun kami tidak punya rencana untuk mengeluarkan lagu duet, saya rasa itu akan menyenangkan.

Jongup: Walaupun lagu-lagu di album B.A.P bagus, kami ingin menunjukkan sisi baru kami karena itu adalah konser solo pertama kami. Setelah berdiskusi tanpa akhir dengan Zelo, kami merancang penampilannya sendiri dan aku rasa itu merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Karena Himchan harus tidak ikut serta dari konser disebabkan oleh cederanya, saya sangat penasaran bagaimana para anggota bereaksi ketika mengetahuinya. Saya pikir cara Himchan berkata-kata sangat dibutuhkan dalam konser.

Himchan: Tidak hanya album kedua kami, tetapi karena cedera, saya tidak dapat berdiri di panggung untuk konser yang mana saya tidak dapat mendeskripsikan dengan kata-kata betapa kecewanya saya. Saya yakin para anggota lebih kecewa, mengingat kami berlatih sangat keras bersama, tetapi mereka menjadi penyemangat dan kekuatan bagi saya. Jika bukan karena para anggota, saya rasa saya akan berada dalam kesulitan yang lebih.

Anda ternyata berada di posisi penonton daripada tampil, bagaimana rasanya menonton para anggota tampil?

Himchan: Pertama-tama, saya sangat bangga akan para anggota dan saya melihat hal-hal yang tidak bisa saya lihat ketika kami tampil bersama. Saya berpikir tentang bagaimana para anggota berkembang banyak dan pemikiran itu merupakan perasaan baru dan para anggota membuat saya bangga. Pula, itu membuat saya berpikir untuk sembuh lebih cepat agar dapat berdiri di panggung.

Menurut Anda, apakah akan ada perubahan drastis bila Anda berdiri di panggung?

Himchan: Berbicara? haha, saya bercanda. Saya tidak berpikir akan ada kebutuhan khusus untuk itu dan mengingat saya sudah memiliki waktu sendiri untuk membacakan surat kepada para fans, saya senantiasa berpikir saya bersama mereka sepanjang saat.

Bahkan waktu acara inagurasi fan club, saya selalu menyebut Himchan sebagai ‘bad boy’ yang menjinakkan fans dengan lihai. Saya tahu hal itu karena dia merasa penuh dengan maaf, tetapi suratnya terdengar sangat sungguh-sungguh sehingga membuat saya berpikir itu sangat tidak-Himchan. Sekarang saya bertanya, apakah Anda ada penyesalan tentang surat itu?

Himchan: Haha, apakah surat saya terdengat sangat sungguh-sungguh? Itu karena selama masa-masa awal cedera saya, saya mulai berpikir banyak dan saya ingin membagikan perasaan jujur kepada para fans yang saya pikirkan, oleh karena itu saya menulis apa yang belakangan ini saya pikirkan. Saya tidak menyesali apapun dalam surat itu, meskipun lain kali saya akan menulis surat yang lebih asik!

Konsernya sepertinya sangat fokus ke tema B.A.P yang datang dari luar angkasa, maka bagaimana kami menanggapi band rock indie dalam hal ini?

Youngjae: Seperti yang saya katakan sebelumnya, tema konser ini adalah pengalaman yang B.A.P temui setelah mereka mendarat di bumi dari luar angkasa dan penampilan kolaborasi dengan band rock merupakan rencana kolaborasi dengan ksatria bumi untuk melawan bumi yang berbahaya ini demi menyampaikan pesan B.A.P.

Highlight konser ini adalah terungkapnya abs Bang Yongguk. Ada respon yang eksplosif – apakah Anda menantikannya? Pula, usaha apa yang Anda lakukan untuk membentuk otot perut?

Bang Yongguk: Setelah berjanji untuk mengungkapkan abs saya bila memenangi penghargaan pendatang baru, banyak orang penasaran dan menantikannya. Saya ingin melakukannya di mana para fans berada, maka saya tidak segera melakukannya. Saya ingin menunjukkan imej yang lebih keren kepada para fans, maka saya harus memenuhi janjinya lebih lama dari yang diperkirakan, tetapi saya memang fokus untuk membentuk tubuh. Saya berlatih banyak kali dan mengurangi makan. Jika Anda lihat di adegan di mana saya merobek kaus saya di konser, gambarnya tidak terlihat buruk. Saya senang fans suka itu.

Youngjae berjanji untuk menunjukkan abs-nya di konser berikutnya. Kapan ini akan terjadi? Saya yakin akan ada perbandingan foto dengan abs Bang Yongguk, maka apakah Anda yakin dapat mengalahkannya?

Youngjae: Berbicara tentang hal ini, entah bagaimana saya jadi berjanji akan menunjukkan abs, tetapi saya tidak percaya diri dapat mengalahkan Yongguk hyung. Saya bagaimanapun berlatih meski jadwal sibuk dan saya harap tidak akan ada perbandingan foto haha.
Artis senior Secret dari perusahaan Anda sepertinya sangat mendukung juniornya lebih daripada yang lain. Apakah mereka memberikan bantuan spesial untuk konser?

Daehyun: Meskipun memiliki jadwal yang sibuk, senior Secret datang tidak hanya ke acara inagurasi fan club, tetapi juga ke konser kami dan itu saja merupakan bantuan yang besar. Ketika kami saling berjumpa di acara siaran atau di perusahaan, mereka tidak pernah gagal dalam memberikan kami nasihat dan memiliki empat senior yang baik membuat saya merasa percaya diri.

Kalian memiliki Jepang dalam jajaran konser. Akankah ada perbedaan dengan konser yang kalian adakan di Korea? Pula, usaha apa yang kalian berikan?

Himchan: Untuk saya, saya banyak belajar bahasa Jepang selama waktu saya istirahat. Dalam belajar bahasa Jepang, saya menemui bahwa itu sangat menyenangkan dan keinginan para anggota untuk belajar bahasa pun juga mengagumkan.

Zelo: Saya juga senang belajar bahasa Jepang. Karena semua anggota belajar bersama, kami memiliki kompetisi tersendiri yang mana saling membantu kami untuk meningkatkan kemampuan.

Bang Yongguk: Kami merencanakan konser dengan detail sebab ini adalah pertama kalinya kami memperkenalkan diri ke fans Jepang dan kami ingin membuat kesan yang baik. Untuk detailnya, sekarang masih rahasia.

Sisi bagaimana yang ingin kalian tunjukkan melalui konser ini?

Daehyun: Saya ingin orang-orang berpikir bahwa “B.A.P adalah tim yang benar-benar bekerja keras dalam bermusik,” dan “Mereka adalah grup dengan spektrum musik yang luas,” (seperti ini) akan membuat saya merasa puas. Sekrang, kami masih memiliki jalan yang panjang dan saya akan sangat berterima kasih bila mereka dapat melihat awal dari jalan itu.

Apa rencana kalian untuk masa yang akan datang?

Jongup: Sekarang, kami sedang mengadakan fan signing sembari mempromosikan mini album kedua kami, ‘ONE SHOT’, dan saya merasa ini adalah kesempatan yang baik bagi kami untuk bertemu fans secara langsung di banyak tempat. Setelah menyelesaikan promosi album, kami akan istirahat sejenak sebelum mengadakan tur ‘B.A.P LIVE ON EARTH’. Tahun ini, kami berencana untuk menemui fans di luar negeri, oleh karena itu saya sangat gugup.

Terakhir, saya meminta kalian untuk meninggalkan pesan untuk fans Korea dan Jepang yang menanti kalian.

Youngjae: Kepada fans yang mencintai B.A.P, kami sebagai B.A.P senantiasa senang melakukan promosi dan menerima cinta kalian. Kami akan terus bekerja lebih giat untuk menunjukkan sisi kami yang lebih baik, maka kalian berjanji untuk bersama kami, kan?

Himchan: Dan juga untuk fans kami di Jepan, kami selalu melihat cinta kalian melalui fan café atau SNS. Kami segera akan dapat memperkenalkan diri kami di Jepang dan saya sangat gugup dan menantikannya, maka sampai berjumpa! Terima kasih.

Cr: bystranslations-indonesia.tumblr.com
Reshare by BAPFINITEINA
TAKE FULL CREDIT

2 Tanggapan

  1. makasih udah translate ke bhs indo.aq baru tau ini blog,dan senang banget ada yg membahas ttg BAP.

Tinggalkan Balasan

